"Terima Kasih telah berkunjung ke blog ini. Jangan lupa Share dan Comment ya"
loading...

10 Tokoh Berpengaruh Asal Sumatera Utara



1. Luhut Binsar Panjaitan

Pria kelahiran 28 september 1947 ini sebelum berkecimpung dipemerintahan, Luhut lama mengabdi di dunia milter. Ia adalah lulusan terbaik dari Akademi Militer Nasional angkatan tahun 1970 sehingga mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa. Karir milternya banyak dihabiskan di kopasus TNI AD. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Kabinet Kerja pada Juli 2016. Lalu dipilih kembali pada masa Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf Amin periode 2019–2024 sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi republik Indonesia.
Sebelumnya ia juga pernah menjadi Duta Besar Republik Indonesia Untuk Republik Singapura era presiden BJ Habibie dan Menteri Perdagangan dan Industri Republik Indonesia di era presiden Abdurahman wahid atau gus dur. Ia juga merupakan pengusaha sukses di bidang pertambangan, listrik dan perkebunan.

2. Yasonna Hamonangan Laoly
Pria kelahiran 27 mei 1953 ini adalah politisi Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia republik Indonesia di Kabinet Kerja sejak 27 Oktober 2014. Lalu ia mengundurkan diri setelah dipilih sebagai anggota DPR RI dari dapil I sumatera utara pada 1 oktober 2019. Namun Jokowi mempercayai yasonna lagi untuk menjadi menkumham di kabinet Indonesia maju tahun 2019-2024.
Pria yang mengenyam pendidikan S3 di North Carolina University pada tahun 1994 ini juga berhasil mendapatkan gelar profesor dari STIK-PTIK Lemdiklat Polri dalam bidang ilmu kepolisian studi kriminologi.
Saat menjabat sebagai menteri, Yasonna berhasil membuat kemenkumham mendapatkan banyak penghargaan bergengsi. Yaitu dari badan pemeriksa keuangan dengan penghargaan opini wajar tanpa pengecualian. Selanjutnya mendapatkan double award dari kementrian keuangan dan, yaitu opini Wajar Tanpa Pengecualian selama 5 kali berturut-turut berdasarkan BPK dan BMN award kategori Peningkatan Tata Kelola Berkelanjutan. Selain itu, kemenkumham juga borong dua BKN Award 2021 tentang manajemen kepegawaian dan meraih piagam inovasi penghargaan pelayanan publik selama 2 tahun berturut turut.
Yasonna juga dipercayai sebagai anggota komisioner kompolnas 2 periode sampai tahun 2024. Tidak sampai situ saja, ia juga dipercaya untuk menjabat sebagai Ketua Dewan Penasehat Internasional Alumni amerika serikat Periode 2021-2026. Yasonna juga diberi kehormatan sebagai ketua majelis pertimbangan organisasi di Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) untuk periode 2019 sampai 2023. Dikegiatan religinya, Yasonna menjabat sebagai ketua umum Yayasan umat Kristen Sumatera Utara.

3.  Robinson Butarbutar
Ia dikenal sebagai sosok yang rendah hati yang sesuai dengan mottonya, "serep marhobas" (artinya, rendah hati melayani). Beliau juga sudah lama bertugas di Jerman. Setelah pulang dari Jerman, ia menjadi dosen di STT HKBP. Di dunia pendidikan, Robinson mengambil gelar S2 nya di Master of Arts bidang Seni Penafsiran Alkitab (Hermeneutics) dari London Bible College, Inggris dan s3 nya di oktor Teologi pd tahun 1999 dari SEAGST di Trinity Theological College, Singapura dengan tempat penelitian lanjut di Tyndale House, Cambridge, Inggris.
4. Donald Sihombing
Pria ini lahir di Medan, 23 Juli 1956. Ia merupakan pemegang saham terbesar PT Totalindo Eka Persada Tbk (TOPS). Sebelum mendirikan perusahaan dan menjadi direktur utama, ia hanyalah seorang karyawan. Ia pernah menjadi karyawan di PT. Total dan konon bekerja hingga 20 jam sehari. Namun akhirnya ia mendapatkan hal yang tidak diinginkan oleh seluruh karyawan, yaitu terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau dipecat.
Namun sekarang berbeda, menurut majalah Forbes kekayaan Donald ditaksi mencapai US$ 1,4 miliar atau Rp 19,6 triliun. Kemudian Nama Donald Sihombing mendadak mencuat ke permukaan tahun lalu. Nama Donald sempat masuk dalam daftar 21 orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes. Pada 2018 harga saham Totalindo sempat mencapai Rp 990/unit. Pada harga saham tersebut, nilai kapitalisasi saham Totalindo sempat mencapai Rp 33 triliun.

5. Chairul Tanjung
Pria kelahiran 18 Juni 1962 adalah pengusaha asal Indonesia. Namanya dikenal luas sebagai pengusaha sukses yang memimpin CT Corp. Chairul memulai bisnisnya ketika ia kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Sempat jatuh bangun, akhirnya ia sukses membangun bisnisnya. Kini perusahaan konglomerasi miliknya, menjadi sebuah perusahaan yang membawahkan beberapa anak perusahaan seperti Trans Corp, Bank Mega, dan CT Global Resources. Saat ini, Chairul Tanjung juga menjadi jajaran direksi beberapa perusahaan, yaitu Pariarti Shindutama, CT Corp, dan Para Rekan Investama.
Chairul masuk Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia dan lulus pada tahun1987. Ketika kuliah ia mulai masuk dunia bisnis dan juga mendapat penghargaan sebagai Mahasiswa Teladan Tingkat Nasional tahun 1984-1985.
6. Marinus Gea
Ia merupakan ketua umum Himpunan Masyarakat Nias Indonesia atau HIMNI selama 2 periode sampai 2023. HIMNI Sendiri mempunyai dewan pengurus daerah di 28 provinsi seluruh Indonesia dan di luar negeri serta ratusan DPC di seluruh Indonesia bahkan di Eropa.
Di karir politiknya, Pria yang mengenyam Pendidikan S2 di mercu buana jurusan akutansi perpajakan ini sekarang menjabat sebagai anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan untuk periode kedua 2019 sampai 2024 dapil tanggerang raya banten. Di partainya, marinus gea dipercaya sebagai bendahara DPD PDI Perjuangan provinsi Banten tahun 2019 sampai 2024. Ia juga dipercayai sebagai Ketua DPD Taruna Merah putih provinsi banten periode 2017 sampai 2024.
Meskipun Marinus Gea kelahiran nias sumatera utara, namun masyarakat Banten memilihnya karena sosok dan kepeduliannya terhadap warga banten. Di kegiatan religiusnya, ia merupakan salah satu sekretaris dari Yayasan umat Kristen sumatera utara.
7. Sofyan Tan
Pria yang lahir tanggal 25 September 1959 ini merupakan Anggota DPR RI Dapil I Sumut periode 2014-2019.  Selain itu ia juga menjabat sebagai ketua umum Pengda Perbasi Sumut periode 2014-2019. Sofyan yang mengambil s1 kedokteran di Kedokteran Umum, Universitas Methodist Indonesia Medan. Juga mempunyai karir profesionalnya, salah satunya menjadi presiden komisaris PT. Sukses Chantig Lestari pada tahun 2006-2015.

8. Abdul Wahab Dalimunthe
Pria kelahiran Rantau rapat 10 Januari 1939 ini merupakan tokoh politik dari partai Demokrat. Di pemerintahan, Abdul Wahab bisa terbilang sukses, ia pernah menjadi wakil gubernur sumatera utara tahun 1999 sampai 2004. Lalu ia juga pernah menjabat anggota FDP DPR RI selama 2 periode. Saat masa kuliah, beliau mengambil gelar sarjana hukumnya di Universitas Indonesia.

9. Eka Sari Lorena Soerbakti
Wanita kelahiran 3 Juni 1969 ini adalah seorang pengusaha asal Indonesia. Ia juga merupakan pimpinan perusahaan angkutan darat terbesar di Indonesia, yaitu PT. Eka Sari Lorena yang didirikan oleh ayahandanya GT Soerbakti.
Pada tahun 2010 lalu, Eka Sari Lorena juga tepilih sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Organisasi Angkutan Darat (DPP Organda), masa bhakti 2010—2015.
Selain bergelut dibidang bisnis, ia juga sering menjadi pembicara dan suka berderma buat gereja. Pencapaian yang pernah ia raih yaitu penghargaan Young Entrepreneur of The Year 2007, finalist Fun Fearless Female Indonesian Cosmopolitan Magazine 2002, serta pernah mewakili Indonesia sebagai Eisenhower Fellow untuk mengikuti Multi Nation Leader di AS pada tahun 2012.

10. Junimart Girsang
Ia adalah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia periode 2014--2019 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Dia mewakili daerah pemilihan Sumatra Utara III. Di DPR, dia duduk dalam Komisi III, yang membidangi hukum, hak asasi manusia, dan keamanan. Sebelum menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Junimart Girsang juga dikenal sebagai advokat hukum yang sering bertindak selaku kuasa hukum banyak perusahaan, baik dalam maupun luar negeri. Selama bertindak selaku pengacara dan atau kuasa hukum, Girsang banyak menangani kasus yang melibatkan para petinggi publik dan pesohor Indonesia. Ia juga pernah menjadi tim penasihat hukum Megawati Soekarno Putri ketika menjabat sebagai Presiden RI.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tokoh Berpengaruh Asal Sumatera Utara"

Posting Komentar