"Terima Kasih telah berkunjung ke blog ini. Jangan lupa Share dan Comment ya"
loading...

Jalinsum Putus Total di Wilayah Simalungun


Suwandi Purba - ☆ -  Ruas jalan provinsi tepatnya di Desa Batu Gajah Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara longsor. Longsor diduga akibat hujan yang turun terus menguyur serta truk kelebihan tonase yang kerap melalui wilayah itu.

"Benar, telah terjadi longsor di ruas jalan provinsi itu. Jalan rata-rata cuma lewat situ saja. Ini jalur ke daerah Sidamanik," kata Kepala Pelaksana BPBD Simalungun Muda Alam Purba, Selasa 25 April 2017.

Dia mengatakan arus jalan tersebut belum bisa dilalui kendaraan. Namun petugas BPBD Provinsi sudah menurunkan alat berat untuk membersihkan material longsor.

"Diduga longsor ini disebabkan karena hujan," terangnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Sumatera Utara, Riadil Akhir Lubis mengatakan saat ini jalan dialihkan alternatif menuju Kebun Teh Sidamanik. Pihak Dinas Bina Marga sedang melakukan evakuasi dan pembersihan jalan.

"Tidak ada laporan korban jiwa, hanya jalan aja runtuh. Selain itu, saat kejadian, arus kendaraan tidak begitu ramai. Lokasi hingga kini belum bisa dilalui, kita sudah turunkan alat berat untuk melakukan pembersihan jalan, jadi masih pengerjaan," bebernya.

Kordinator PADI Sumatera Utara Yakni Suwandi Purba S.Pd yang dihubungi Tim Media Sumut Politica memberi Tanggapan bahwasanya Bencana Longsor dan Juga Banjir sangat dipengaruhi Faktor kerusakan Hutan atau Alam.
Ilustari terjadinya Longsor

Maka saya menyimpulkan Faktor Pendukung Utama Bencana seperti Longsor yang terjadi di Kabupaten Simalungun beberapa waktu lalu adalah telah rusaknya kawasan hutan disekitaran lokasi kejadian bencana sehingga Air Hujan tidak dapat diresap oleh tanah dengan maksimal dan Tanah menjadi Lembek karena Pohon sudah berkurang oleh ilegal logging, akar Pohon berfungsi mengikat Tanah sehingga tidak bergerak.

“Bencana sudah semakin sering terjadi Baik di Indonesia secara Umum dan Sumatera Utara secara Khusus, Saya Berharap Pemerintah dan Masyarakat harus bergandengan tangan dan bersinergi menjaga Lingkungan tetap Lestari” tegas Alumni Geografi Universitas Negeri Medan ini.

Sumber berita : metrotvnews.com
Sumber Photo : Google.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jalinsum Putus Total di Wilayah Simalungun"

Posting Komentar